makassarmusic.com

komunitas music Makassar 

Festival Musik Tradisional BugisMakassar Meriahkan Budaya Lokal

Makassar 13 Maret 2024 Kota Makassar kembali menjadi sorotan dengan digelarnya Festival Musik Tradisional BugisMakassar yang berhasil menghadirkan kegembiraan dan kebanggaan akan kekayaan budaya lokal Acara yang diadakan di Taman Pahlawan ini berhasi

Makassar, 13 Maret 2024 - Kota Makassar kembali menjadi sorotan dengan digelarnya Festival Musik Tradisional Bugis-Makassar yang berhasil menghadirkan kegembiraan dan kebanggaan akan kekayaan budaya lokal. Acara yang diadakan di Taman Pahlawan ini berhasil menyatukan komunitas musik tradisional Bugis dan Makassar dalam sebuah perayaan yang memukau.

Festival ini menjadi ajang bagi para musisi tradisional dari kedua budaya untuk mempersembahkan karya-karya mereka kepada masyarakat. Deretan penampilan musik tradisional Bugis seperti Ma'gandrung, Pakarena, dan Irama Rampak Patayya, dipadukan dengan alunan musik Makassar seperti Mappadendang dan Irama Gandrang Bulo, mengisi panggung festival dengan keindahan melodi dan gerakan yang khas.

Para penonton yang memadati lokasi festival turut larut dalam suasana yang penuh semangat dan keceriaan. Mereka terbawa oleh irama-irama yang menghanyutkan serta gemericik tarian-tarian yang mempesona, menikmati setiap momen dari keindahan musik tradisional Bugis-Makassar yang disajikan dengan begitu apik oleh para seniman lokal.

Salah satu peserta festival, Nurul Hasanah, mengungkapkan kebahagiaannya dalam acara ini, "Festival ini bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga menjadi wadah untuk memperkuat ikatan budaya antara masyarakat Bugis dan Makassar. Saya merasa bangga bisa menjadi bagian dari perayaan ini dan turut melestarikan warisan budaya nenek moyang kami."

Kegiatan seperti Festival Musik Tradisional Bugis-Makassar tidak hanya menjadi momen untuk mengapresiasi kekayaan budaya lokal, tetapi juga menjadi sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan antar etnis di Kota Makassar. Melalui perpaduan harmonis antara musik dan budaya, diharapkan festival ini dapat terus menjadi tradisi yang diwarisi dan dirayakan oleh generasi mendatang, menjaga keberagaman dan keindahan budaya Indonesia.